Cara Menggunakan Shopee Affiliate Bagi Pemula

nayra amelia
By -
0
Shopee Affiliate adalah salah satu platform yang kini cukup banyak digunakan untuk memperoleh penghasilan tambahan. Nah, jika berencana terjun dalam bisnis ini, maka kamu wajib mengetahui terlebih dahulu cara menggunakan Shopee Affiliate bagi pemula.

Tak berbeda dari jenis bisnis afiliasi lainnya, kamu akan berperan sebagai mitra bisnis berbasis komisi yang menjalankan pekerjaan secara online dari mana saja. Tertarik? Yuk langsung saja simak cara menggunakan Shopee Affiliate bagi pemula beserta syarat dan ketentuannya di artikel berikut!

Apa Itu Shopee Affiliate?

Apa itu Shopee Affiliate? Shopee Affiliate adalah program kerja sama dari Shopee yang menawarkan komisi kepada penggunanya atas promosi produk. Shopee Affiliate ini menargetkan pengguna, terutama content creator, yang ingin mendapatkan uang dari memasarkan produk di marketplace Shopee ke media sosial. 

Adapun beberapa pilihan media sosial untuk berpromosi, seperti Instagram, TikTok, Facebook, Twitter, hingga YouTube. Para pengguna ini diberikan kebebasan untuk memilih produk sesuai dengan yang ingin mereka promosikan serta platform-nya. 

Cara menggunakan Shopee Affiliate bagi pemula pun cukup mudah. Sebab, tidak ada ketentuan, seperti jumlah kontrak yang mengikat. Oleh karena itu, Shopee Affiliate adalah program penting yang perlu dimanfaatkan, terutama jika kamu ingin berpenghasilan tanpa perlu keluar rumah.

Keuntungan Bergabung Shopee Affiliate

Keuntungan bergabung dengan Shopee Affiliate tentunya adalah mendapatkan komisi. Namun, masih ada beberapa keuntungan lainnya dengan bergabung dalam program ini. Adapun beberapa keuntungan Shopee Affiliate adalah sebagai berikut:

Komisi sebesar 2.5% sampai dengan 10% dari setiap transaksi.
Mendapat komisi ekstra 2-3x lipat.
Mendapatkan produk dan voucer gratis.
Berkesempatan mendapat bonus komisi sebesar 15% dari Shopee Affiliates Team.

Syarat dan Ketentuan Shopee Affiliate Indonesia

Sebelum membahas cara menggunakan Shopee Affiliate bagi pemula, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu syarat dan ketentuan apa saja yang harus dipenuhi. Berikut ini adalah beberapa syarat yang harus kamu penuhi agar diterima menjadi bagian dari Shopee Affiliate:

Memiliki jumlah teman minimal 2.000 pengguna di Facebook.
Akun grup dan halaman Facebook memiliki minimal 1.000 anggota grup dan/atau followers.
Memiliki jumlah followers minimal 2.000 di Instagram.
Memiliki jumlah followers mencapai 2.000 di TikTok.
Memiliki jumlah followers minimal 10.000 di Twitter.
Memiliki jumlah subscriber sebanyak 2.000 di kanal YouTube.

Selain itu, terdapat beberapa ketentuan dalam cara mengikuti Shopee Affiliate Program yang harus diperhatikan, di antaranya adalah:

Memiliki akun Shopee yang aktif.
Memiliki rekening bank aktif untuk pencairan dana komisi.
Memiliki email yang aktif.
Memiliki nomor WhatsApp yang aktif.
Memiliki akun media sosial yang terbuka atau tidak private.
Tidak mengunggah konten-konten yang mengandung SARA di media sosial.
Menggunakan nomor HP dan email sesuai dengan yang terdaftar pada akun Shopee.

Cara Menggunakan Shopee Affiliate Bagi Pemula

Cara Menggunakan Shopee Affiliate Bagi Pemula
Cara Menggunakan Shopee Affiliate Bagi Pemula

Terdapat beberapa cara menggunakan Shopee Affiliate bagi pemula yang harus kamu perhatikan. Mulai dari pendaftaran, hingga pencairan dana komisi, pastikan setiap langkah dilakukan dengan tepat. Berikut ini adalah tahapan menggunakan Shopee Affiliate:

1. Lakukan Registrasi Akun Shopee
Tahapan yang pertama dalam mengikuti program ini adalah kamu harus memiliki akun Shopee terlebih dahulu. Jika belum ada, maka kamu harus melakukan registrasi. Pastikan bahwa akun yang didaftarkan adalah milik pribadi, bukan akun penjual atau toko.

2. Daftar Program Shopee Affiliate
Setelah berhasil melakukan registrasi akun di Shopee maka kamu sudah bisa bergabung dalam program ini. Kamu hanya perlu membuka halaman Shopee Affiliate dan log in menggunakan akun Shopee yang sudah terdaftar. Tunggu validasi data dari pihak Shopee sekitar 3x24 jam kerja. Jika pendaftaran diterima, kamu akan mendapatkan email persetujuan untuk mengikuti Shopee Affiliate.

3. Login ke Dashboard Shopee Affiliate
Jika kamu sudah berhasil mendaftar, saatnya kamu masuk ke halaman Shopee Affiliate. Log in menggunakan username dan password yang sesuai dengan akun Shopeemu. Jika sudah berhasil, kamu dapat melihat berbagai menu di dashboard, termasuk komisi dan laporan afiliasi. Kamu juga dapat membuka dashboard Shopee Affiliate melalui aplikasi. Caranya cukup klik menu Saya dan pilih Shopee Affiliates Program.

4. Dapatkan Link Shopee Affiliate
Tahapan berikutnya adalah mendapatkan tautan atau link yang bisa dibagikan dari produk pilihanmu. Pada dashboard Shopee Affiliate, kamu bisa coba klik menu penawaran untuk mendapatkan tautan atau link. Jika menggunakan aplikasi, pilih Shopee Affiliates Program di menu Saya, lalu salin tautan atau link di dalamnya.

5. Buat Konten di Media Sosial dan Cantumkan Link
Dengan mengikuti Shopee Affiliate Program, berarti kamu siap berpromosi, maka tahapan selanjutnya adalah membuat konten berisi link produk pilihan di media sosial. Jangan lupa untuk memastikan bahwa akunmu tidak private dan konten yang dibagikan dapat dilihat semua orang.

6. Tunggu Pesanan dari Customer
Setelah mengunggah konten, cara menggunakan Shopee Affiliate bagi pemula selanjutnya adalah menunggu customer memesan produk melalui link yang kamu bagikan. Namun, hal yang harus diperhatikan adalah rentang waktu pemesanan. Pasalnya, pemesanan harus dilakukan maksimal tujuh hari. Jika lebih dari itu, kamu tidak akan mendapatkan komisi atas pesanan yang dibuat oleh customer.

7. Dapatkan Komisi
Jika pesanan sudah selesai dibuat dan penjual telah mengirimkan produk, tahapan selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menunggu customer menerima barangnya. Jika mereka sudah klik Pesanan Diterima, kamu akan segera mendapatkan komisi. Namun, jika mereka membatalkan pesanan atau melakukan retur, maka kamu tidak akan menerima komisi.

8. Cairkan Keuntungan
Cara menggunakan Shopee Affiliate bagi pemula yang terakhir adalah melakukan pencairan dana keuntungan. Pencairan komisi dilakukan dua minggu sekali. Komisi yang terkumpul baru bisa dicairkan jika telah berhasil mencapai minimal Rp10.000. Untuk komisi yang mencapai Rp1 juta, dananya akan dimasukkan ke ShopeePay. Sementara yang nominalnya lebih dari itu, pencairan dananya akan ditransfer melalui rekening bank.

Berikut tadi adalah cara menggunakan Shopee Affiliate bagi pemula. Jika sedang membutuhkan pekerjaan sampingan, Shopee Affiliate adalah salah satu bisnis online yang bisa kamu coba.

Berbicara mengenai bisnis online, tahukah kamu bahwa terdapat langkah mudah agar kamu bisa menghemat biaya operasional bisnis. Caranya ialah dengan gabung jadi seller di Crewdible. Crewdible akan membantu kamu mengelola operasional mulai dari penyimpanan, packing hingga pengiriman barang dengan cepat tanpa ribet. Yuk coba sekarang!
Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)