Cara Menggunakan Background di Zoom

nayra amelia
By -
0
Ketika berbicara tentang aplikasi video konferensi, Zoom menjadi salah satu yang paling populer di seluruh dunia. Dalam era digital yang semakin maju, Zoom telah menjadi alat penting dalam berkomunikasi dengan rekan kerja, teman, atau keluarga, terutama ketika pertemuan tatap muka tidak memungkinkan. 

Namun, Zoom tidak hanya tentang pertemuan dan obrolan; ini juga tentang menambahkan sentuhan pribadi pada pengalaman video konferensi Anda. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan background di Zoom. 

Dalam artikel ini, kamu akan diajarkan cara menggunakan background di Zoom dengan mudah dan efektif. Mari kita mulai dengan cara mengubah latar belakang video Zoommu agar lebih menarik dan profesional.

Cara Menggunakan Background di Zoom

Cara Menggunakan Background di Zoom
Cara Menggunakan Background di Zoom

Sebelum kita masuk ke dalam langkah-langkahnya, pastikan kamu telah mengunduh dan menginstal aplikasi Zoom di perangkatmu. Sekarang, mari kita mulai dengan cara pertama untuk menggunakan background di Zoom:

1. Pilihan Background Bawaan Zoom

Zoom menyediakan beberapa latar belakang bawaan yang dapat kamu gunakan dalam pertemuan video. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakannya:

a. Buka Aplikasi Zoom: Buka aplikasi Zoom di perangkatmu dan masuk ke akun Zoommu jika belum.

b. Masuk ke Pengaturan: Klik pada ikon "Gear" atau "Pengaturan" di pojok kanan atas jendela Zoom untuk masuk ke menu pengaturan.

c. Pilih Virtual Background: Di panel pengaturan, pilih opsi "Virtual Background" di sisi kiri.

d. Pilih Latar Belakang: Di bagian kanan, kamu akan melihat beberapa latar belakang bawaan yang telah disediakan oleh Zoom. Pilih salah satu yang kamu suka dengan mengkliknya.

e. Terapkan Latar Belakang: Setelah memilih latar belakang, klik tombol "Terapkan" atau "Apply," dan Zoom akan mulai menggunakan latar belakang yang kamu pilih dalam pertemuan video berikutnya.

Langkah-langkah di atas sangat sederhana, bukan? Namun, jika kamu ingin memberikan sentuhan pribadi yang lebih besar pada pengalaman Zoommu, mari kita lanjutkan ke cara berikutnya.

2. Menggunakan Gambar atau Foto Pribadi

Cara ini memungkinkan kamu untuk menggunakan gambar atau foto pribadi sebagai latar belakang Zoommu. Ini adalah cara yang bagus untuk menambahkan sentuhan kreatif atau profesional pada pertemuanmu. Berikut adalah caranya:

a. Buka Aplikasi Zoom: Pastikan Zoom telah dibuka dan akunmu sudah masuk.

b. Masuk ke Pengaturan: Klik ikon "Pengaturan" di pojok kanan atas jendela Zoom.

c. Pilih Virtual Background: Di panel pengaturan, klik "Virtual Background" di sisi kiri.

d. Tambahkan Gambar Pribadi: Di bagian kanan, kamu akan melihat tombol "+ (plus)" yang bertuliskan "Tambahkan Gambar." Klik tombol ini.

e. Pilih Gambar: Akan muncul jendela pencarian file. Telusuri dan pilih gambar atau foto yang ingin kamu gunakan sebagai latar belakang Zoom. Klik "Buka" untuk mengunggahnya.

f. Terapkan Latar Belakang: Setelah gambar telah diunggah, klik tombol "Terapkan" atau "Apply" untuk menerapkannya sebagai latar belakang Zoommu.

Dengan cara ini, kamu dapat menggunakan foto keluarga, gambar lanskap favorit, atau bahkan logo perusahaan sebagai latar belakang Zoommu. Ini adalah cara yang hebat untuk membuat pertemuanmu lebih personal dan sesuai dengan kepribadianmu.

3. Menggunakan Video sebagai Latar Belakang

Selain gambar statis, Zoom juga memungkinkan kamu menggunakan video sebagai latar belakang. Ini bisa menjadi pilihan yang mengagumkan jika kamu ingin menciptakan suasana yang bergerak dalam pertemuanmu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

a. Buka Aplikasi Zoom: Pastikan kamu sudah masuk ke akun Zoommu.

b. Masuk ke Pengaturan: Klik ikon "Pengaturan" di pojok kanan atas jendela Zoom.

c. Pilih Virtual Background: Di panel pengaturan, pilih "Virtual Background" di sisi kiri.

d. Tambahkan Video Pribadi: Di bagian kanan, klik tombol "+ (plus)" yang bertuliskan "Tambahkan Video." Klik tombol ini.

e. Pilih Video: Telusuri dan pilih video yang ingin kamu gunakan sebagai latar belakang Zoom. Pastikan video tersebut sesuai dengan suasana pertemuanmu. Klik "Buka" untuk mengunggahnya.

f. Terapkan Latar Belakang: Setelah video diunggah, klik tombol "Terapkan" atau "Apply" untuk menerapkannya sebagai latar belakang Zoommu.

Dengan cara ini, kamu dapat memberikan suasana yang lebih hidup pada pertemuan video Zoommu. Bayangkan jika kamu sedang berbicara dari pantai yang indah atau di tengah hutan yang tenang. Pilihan video yang kamu gunakan hanya terbatas oleh imajinasimu.

4. Menggunakan Layanan Latar Belakang Ketiga

Selain pilihan bawaan Zoom, ada juga layanan latar belakang pihak ketiga yang dapat digunakan untuk mendapatkan berbagai latar belakang yang unik dan kreatif. Beberapa layanan ini bahkan memungkinkan kamu untuk membuat latar belakang kustom sesuai dengan kebutuhanmu. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan layanan latar belakang ketiga:

a. Buka Aplikasi Zoom: Pastikan kamu sudah masuk ke akun Zoommu.

b. Masuk ke Pengaturan: Klik ikon "Pengaturan" di pojok kanan atas jendela Zoom.

c. Pilih Virtual Background: Di panel pengaturan, klik "Virtual Background" di sisi kiri.

d. **Aktifkan Opsi "Ijinkan Latar Belakang": Pastikan opsi "Ijinkan Latar Belakang" atau "Allow Virtual Background" diaktifkan.

e. Kunjungi Layanan Latar Belakang Ketiga: Buka peramban webmu dan kunjungi salah satu layanan latar belakang ketiga yang tersedia. Ada beberapa pilihan, seperti Canva, Unsplash, atau Shutterstock.

f. Pilih atau Buat Latar Belakang: Di situs web layanan tersebut, pilih latar belakang yang kamu inginkan atau gunakan alat untuk membuat latar belakang kustom.

g. Unduh Latar Belakang: Setelah selesai, unduh latar belakang yang telah kamu pilih atau buat.

h. Terapkan Latar Belakang: Kembali ke aplikasi Zoom, klik tombol "Tambahkan Gambar" atau "Tambahkan Video" dan unggah latar belakang yang telah kamu unduh. Setelah itu, klik tombol "Terapkan" atau "Apply" untuk menggunakannya dalam pertemuan Zoommu.

Menggunakan layanan latar belakang pihak ketiga memberikan kamu akses ke berbagai pilihan latar belakang yang lebih kreatif dan bervariasi. Kamu dapat menyesuaikan latar belakangmu sesuai dengan suasana dan tema pertemuanmu.

5. Mengedit Latar Belakang Zoom
Sekarang, setelah kamu menguasai cara mengganti latar belakang di Zoom, mari kita bahas cara untuk mengeditnya agar terlihat lebih profesional dan rapi. Ini penting terutama jika kamu menggunakan latar belakang kustom atau foto pribadi. Berikut adalah beberapa tips sederhana:

a. Perhatikan Cahaya: Pastikan cahaya di ruanganmu cocok dengan latar belakang yang kamu gunakan. Jika latar belakangmu gelap, usahakan memiliki cahaya yang cukup agar wajahmu terlihat dengan jelas.

b. Periksa Tampilan: Pastikan semua elemen di layar, termasuk tubuhmu dan benda-benda di belakangmu, terlihat seimbang dan tidak terpotong oleh latar belakang.

c. Fokus pada Kualitas: Gunakan kamera berkualitas tinggi jika memungkinkan, dan pastikan resolusi gambar atau video yang kamu gunakan cukup tinggi.

d. Gunakan Latar Belakang yang Relevan: Pastikan latar belakang yang kamu pilih sesuai dengan konteks pertemuanmu. Jangan menggunakan latar belakang yang mengganggu atau tidak relevan.

e. Ujilah Terlebih Dahulu: Sebelum pertemuan, uji latar belakangmu dengan melakukan panggilan video ke diri sendiri atau teman untuk memastikan semuanya terlihat baik.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat membuat tampilan Zoommu terlihat lebih profesional dan menarik. Itu akan meningkatkan kesan positif pada rekan kerja, klien, atau teman yang berpartisipasi dalam pertemuanmu.

Cara Menggunakan Background di Zoom Mobile

Selain versi desktop, Zoom juga tersedia dalam versi mobile untuk smartphone dan tablet. Jika kamu lebih sering menggunakan perangkat mobile, berikut adalah panduan singkat tentang cara menggunakan background di Zoom di perangkat mobile:

a. Buka Aplikasi Zoom: Buka aplikasi Zoom di perangkat mobilemu.

b. Masuk ke Pertemuan: Bergabung atau buat pertemuan seperti biasa.

c. Sentuh Layar: Saat berada dalam pertemuan, sentuh layar untuk memunculkan tombol kontrol.

d. Pilih "Virtual Background": Sentuh opsi "Virtual Background" atau "Latar Belakang Virtual" di layar.

e. Pilih Latar Belakang: Kamu akan melihat pilihan latar belakang bawaan Zoom atau gambar yang telah kamu tambahkan sebelumnya. Pilih yang sesuai dengan keinginanmu.

f. Terapkan Latar Belakang: Sentuh tombol "Terapkan" atau "Apply" untuk menerapkan latar belakang yang kamu pilih.

g. Ubah Latar Belakang: Jika ingin mengganti latar belakang selama pertemuan, cukup ulangi langkah di atas dan pilih latar belakang baru.

Cara menggunakan background di Zoom di perangkat mobile hampir mirip dengan versi desktop. Ini memungkinkan kamu untuk tetap kreatif dan profesional dalam pertemuan, bahkan saat kamu berada dalam perjalanan.

7. Tips dan Trik untuk Menggunakan Background di Zoom dengan Efektif
Selain langkah-langkah dasar, ada beberapa tips dan trik yang dapat membantu kamu menggunakan background di Zoom dengan lebih efektif:

a. Perhatikan Kualitas Gambar: Pastikan gambar atau video yang kamu gunakan sebagai latar belakang memiliki kualitas yang baik. Ini akan membuat tampilanmu lebih profesional.

b. Pilih Latar Belakang yang Sesuai: Pertimbangkan konteks pertemuanmu saat memilih latar belakang. Apakah kamu berbicara dalam pertemuan bisnis, pertemuan keluarga, atau acara khusus?

c. Gunakan Latar Belakang yang Konsisten: Jika kamu sering menggunakan Zoom untuk pertemuan bisnis, pertimbangkan untuk menggunakan latar belakang yang konsisten agar merek atau identitas perusahaanmu lebih mudah dikenali.

d. Bermain dengan Kreativitas: Jangan ragu untuk bersenang-senang dan bermain dengan kreativitasmu. Kamu bisa mencoba latar belakang yang lucu, inspiratif, atau sesuai dengan hobi dan minatmu.

e. Jaga Keselarasan: Pastikan latar belakangmu cocok dengan pakaian dan penampilanmu. Misalnya, hindari mengenakan baju yang berwarna sama dengan latar belakang agar kamu tidak "menghilang."

f. Cek Koneksi Internet: Pastikan koneksi internetmu stabil saat menggunakan latar belakang virtual, terutama jika kamu menggunakan video sebagai latar belakang.

g. Perbarui Aplikasi: Selalu pastikan aplikasi Zoommu diperbarui ke versi terbaru untuk mendapatkan fitur dan peningkatan kualitas yang lebih baik.

Kesimpulan

Menggunakan background di Zoom dapat memberikan sentuhan kreatif pada pertemuan videomu. Kamu dapat memilih latar belakang bawaan Zoom, menggunakan gambar atau video pribadi, atau bahkan mencoba layanan latar belakang pihak ketiga. Dengan sedikit pengeditan dan perhatian pada detail, kamu dapat membuat tampilan Zoommu lebih profesional dan menarik.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba berbagai latar belakang yang sesuai dengan kepribadianmu atau konteks pertemuanmu. Dengan begitu, setiap pertemuan Zoom akan menjadi pengalaman yang lebih menyenangkan dan bermakna. Selamat mencoba, dan jangan lupa menjaga kreativitasmu tetap berkembang!
Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)